Uncategorized

10 Manfaat Jika Anda Aktif Konsumsi Timun Setiap Hari

Dewalive – Timun atau mentimun adalah jenis sayuran yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Sayuran ini biasanya dapat dimasak atau dijadikan lalapan.

Selama ini, timun atau mentimun juga identik dengan masker kecantikan. Diyakini bahwa timun mampu menghilangkan lingkar hitam di bawah mata (Mata Panda).

Selain itu, potongan timun bisa dimasukkan ke dalam air sehingga menjadi infus water dan punya khasiat tersendiri.

Namun tahukah Anda bahwa manfaat mentimun bukan hanya itu saja. Ada 10 manfaat luar biasa lainnya. Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Selasa (10/5/2022) berikut 10 manfaat timun:

  1. Anda Akan Lebih Terlindungi dari Penyakit Neurologis
    Senyawa kimia bernama Fisetin terkandung di dalam mentimun dan ini telah diidentifikasi karena perannya dalam kesehatan otak.

Timun juga mengandung fosfor. Jadi, memakan mentimun akan membuat otak Anda tetap tajam dan lebih fokus.

  1. Lebih Cepat Menurunkan Berat Badan
    Kandungan air yang tinggi dalam mentimun membantu Anda mencapai rasa kenyang dengan cepat. Sehingga mampu mengontrol makan berlebihan yang dapat membantu Anda dalam upaya penurunan berat badan.

Mentimun bebas dari lemak dan rendah kalori. Oleh karena itu, ini adalah pilihan yang bagus untuk siapa pun yang mencoba menurunkan berat badan.

3. Risiko Kanker Akan Berkurang

Fisetin dan flavonoid adalah senyawa kimian yang membuat para peneliti bersemangat dalam menemukan hal baru. Dan itu semua terkandung dan ditemukan dalam mentimun.

Terlepas dari sifat anti-oksidan dan anti-inflamasi flavonoid ini, ia juga telah dikaitkan dengan pengurangan risiko untuk jenis kanker tertentu.

  1. Melancarkan Pencernaan
    Mentimun mengandung serat dan sejumlah air yang membantu pencernaan. Vitamin dalam mentimun juga membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

Mengonsumsi mentimun setiap hari dapat memecahkan masalah yang berkaitan dengan buang air besar sehingga membantu pola hidup Anda yang sehat.

  1. Tubuh Lebih Banyak Hidrasi
    Sekitar 95 persen dari mentimun adalah air, jadi memakannya setiap hari dapat meningkatkan tingkat hidrasi total dalam tubuh yang pada gilirannya, akan mempengaruhi kesehatan Anda secara positif.

Jika Anda seseorang yang lupa minum air putih secara rutin, maka makan satu mentimun sehari bisa menjadi trik yang luar biasa bagi Anda.

  1. Kulit Anda Akan Lembut dan Bercahaya
    Vitamin B yang ada dalam mentimun sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit kepala dan rambut.

Biotin, riboflavin, niasin, dan vitamin B5, B6, dan C semuanya memiliki peran penting dalam pertumbuhan rambut. Makan timun juga mencegah rambut rontok prematur dan beruban.

  1. Kadar Gula Darah Akan Lebih Terkontrol

Mentimun mengandung berbagai senyawa fenolik, flavonoid, dan triterpen. Menurut peneliti, peningkatan asupan mentimun sangat menjanjikan dalam mengendalikan kadar gula darah tinggi.

  1. Tulang Akan Lebih Kuat
    Mentimun mengandung vitamin K dan kalsium, keduanya penting untuk tulang yang lebih kuat.

Vitamin K mampu mengurangi risiko patah tulang dan juga memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium dalam tulang.

  1. Racun di Tubuh Hilang
    Diyakini bahwa mentimun memiliki sifat detoksifikasi alami dan asupan teratur dari buah ini dapat menghilangkan kotoran dan racun dari hati dan usus Anda, sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
  2. Kesehatan Gigi
    Mentimun mengandung molibdenum dan fluorida, kombinasi yang telah ditemukan untuk memperbaiki kerusakan gigi. Kandungan kalsium mentimun juga bermanfaat untuk gigi yang lebih kuat.