Uncategorized

Menang Lagi, Anthony Hopkins Aktor Tertua Raih Oscar

Dewalive – Secara mengejutkan, Anthony Hopkins dinobatkan sebagai Aktor Terbaik Academy Awards 2021 lewat film The Father. Aktor gaek ini menang Oscar untuk kali kedua. Pria 83 tahun ini resmi menjadi aktor tertua peraih Oscar. Simak profil Anthony Hopkins dan capaiannya di perfilman dunia.
Sir Philip Anthony Hopkins CBE lahir di Port Talbot, Glamorgan, Wales 31 Desember 1937. Selain menjadi aktor, kakek Hopkins juga sutradara, komposer musik, dan pelukis. Ia juga memiliki dua kewarganegaraan, yakni Inggris dan Amerika Serikat. Pada 1993, Hopkins mendapatkan gelar ksatria (CBE) dari Ratu Inggris, Elizabeth II.

Pada pertengahan 1970an, Richard Attenborough yang akan menyutradari lima film Hopkins, menyebutnya aktor terbaik di generasinya. Dan perkataan Attenborough terbukti. Setelah meraih Oscar sebagai Aktor Terbaik saat memerankan Hannibal Lecter di The Silence of the Lambs pada 1991, Hopkins tampil apik di Bram Stoker’s Dracula (1992), Legends of the Fall (1994), Meet Joe Black (1998), The Mask of Zorro (1998), Thor (2011), Thor: The Dark World (2013), Transformers: The Last Knight (2017), and Thor: Ragnarok (2017).

Anthony Hopkins memulai karier di layar lebar lewat film The Bus pada 1967. Sampai kini, tercatat sekitar 85 film layar lebar telah ia bintangi. Nama Hopkins makin dikenal dalam perannya sebagai Hannibal Lecter dalam The Silence of the Lambs pada 1991. Ia meraih Oscar sebagai Aktor Terbaik. The Silence of the Lambs juga sukses besar karena lawan main Hopkins, Jodie Foster, juga meraih Oscar sebagai Aktris Terbaik.

Anthony Hopkins mendapatkan banyak penghargaan di seni peran, yakni 2 Academy Awards, 4 BAFTAs, 2 Emmys, dan Cecil B. DeMille Award. Hopkins juga masuk Hollywood Walk of Fame pada 2003 dan BAFTA Fellowship kategori lifetime achievement dari British Academy of Film and Television Arts pada 2008. Sebelumnya, Hopkins juga dinominasikan untuk 5 Academy Awards di film The Remains of the Day (1993), Nixon (1995), Amistad (1997), The Two Popes (2019).

Secara mengejutkan, Anthony Hopkins meraih Oscar kedua sebagai Aktor Terbaik lewat film The Father. Sir Hopkins menyisihkan almarhum Chadwick Boseman yang digadang-gadang meraih penghargaan ini. Di The Father, Hopkins memerankan seorang arsitek yang sudah pensiun dan menderita penyakit Alzheimer. Sebelumnya. Hopkins menjadi Aktor Terbaik Oscar lewat The Silence of the Lambs pada 1992.

The Father merupakan film drama yang dirilis pada 2020. Film ini ini terbilang apik karena sutradaranya Florian Zeller baro melakoni debut sebagai pengarah akting. Selain Anthony Hopkins, film ini dibintangi Olivia Colman, Mark Gatiss, Imogen Poots, Rufus Sewell, and Olivia Williams. The Father menjalani world premiere di Sundance Film Festival, 27 Januari 2020. Di negeri Hopkins, Inggris, The Father baru dirilis pada 11 Juni 2021 oleh Lionsgate.