Uncategorized

Sebelum Naik Matik, Pastikan Dulu Posisi Duduk yang Benar

Meski menunggangi skuter matik terbilang mudah, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pengendara. Salah satunya, sikap atau posisi tubuh ketika sedang di atas kendaraan.

Saat ini, kita masih sering menemukan pengguna skutik yang abai terhadap posisi berkendaranya. Padahal, apabila hal itu terus dilakukan, rasa aman dan nyaman pengendara tentu akan berkurang.

Lantas, bagaimana posisi tubuh yang benar selama mengendarai skuter matik? Pertama dan yang terpenting, keseluruhan kaki harus berada di dalam deck, dan posisi lutut tidak boleh keluar dari sayap sepeda motor. Tujuannya, agar tak terjadi gesekan dengan kendaraan lain yang melintas dari arah kedua sisi.

Jadi, posisi paha, lutut hingga kaki harus sejajar, dan disarankan tidak keluar dari bodi depan,” tulis laman Federal Oil, seperti dikutip Jumat 9 Agustus 2019.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan ialah cara menggenggam setang kendali. Posisi lengan pengendara tidak boleh terlalu lurus, tetapi harus agak membengkok dan membentuk sebuah sudut. Sebab dengan demikian, lengan bisa bertindak sebagai organ ayun atau suspensi saat melakukan pengereman.

Terakhir, pundak sang pengendara juga harus dalam kondisi santai atau rileks. Soalnya kalau terlalu tegang, pengendara akan cepat mengalami keletihan.

Kita semua tahu, kenyamanan dan keselamatan berkendara merupakan hal penting yang perlu mendapat perhatian ekstra. Karena itu, selain kemampuan mengoperasikan sepeda motor, pengendara juga dituntut untuk memahami beberapa hal terkait safety riding.