Uncategorized

Valentino Rossi Rayakan Ultah ke-41, Ini Rekornya yang Sulit Dipecahkan

Pembalap veteran Valentino Rossi berulang tahun yang ke-41, Minggu (16/2). Di usia yang tidak muda lagi itu, pembalap asal Italia ini kembali berstatus pembalap tertua yang mengikuti MotoGP 2020.

MotoGP 2020 sendiri bakal jadi musim ke-24 sang pembalap di Kejuaraan Dunia Balap Motor. Untuk MotoGP sendiri, musim ini bakal jadi penampilannya ke-20.

Dalam kurun waktu tersebut,  Valentino Rossi sudah merasakan sembilan gelar juara dunia. Rinciannya adalah satu gelar pada kelas 125 cc musim 1997.

Lalu juara dunia kelas 250 cc tahun 1999. Sedangkan untuk kelas tertinggi, The Doctor-julukannya sudah mendapat tujuh gelar juara.

Tidak bisa dimungkiri, Valentino Rossi merupakan salah satu atlet terbaik di Kejuaraan Dunia Balap Motor. Beberapa rekornya saat ini bahkan bakal sulit ditaklukkan lawannya.

Total Poin Terbanyak

Valentino Rossi, MotoGP Prancis

Saat ini, Valentino Rossi masih berstatus pembalap dengan total poin terbanyak di kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor. Dia sudah memiliki 5305 poin.

Pembalap dengan kans terbesar untuk mengejar catatan ini adalah Marc Marquez. Tapi kini ia masih tertinggal jauh: 2275 poin.

Total Podium Terbanyak

Untuk kelas MotoGP, Rossi juga masih memegang predikat pembalap dengan total podium terbanyak lewat catatan 198 kali. Soal podium, lagi-lagi Marquez punya ghap lebar dari sang senior. Dia baru naik podium 95 kali.

Pembalap asal Italia ini turut menempati posisi pertama untuk daftar pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di MotoGP: 89 kemenangan.

Posisi kedua daftar ini diisi Giacomo Agostini, sudah pensiun lewat 68 kemenangan. Sementara Marquez membuntuti di urutan tiga lewat 56 podium pertama.