Uncategorized

Tidak Jadi di Monas, Formula E Geser ke Pulau Reklamasi atau Senayan

Mahindra Racing dalam Formula E

DEWALIVE – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum mengeluarkan surat perizinan resmi untuk pelaksanaan ajang Formula E di kawasan Monumen Nasional (Monas) karena ada suatu pertimbangan tertentu. Tidak ingin menyiakan waktu pihak penyelenggara atau JakPro langsung sasar 5 lokasi alternatif di wilayah Ibu Kota. Padahal, Monas merupakan tempat ikonik untuk menunjukkan Indonesia kepada dunia. “Ada lima alternatif, di antaranya kawasan Senayan dan Pantai Maju Bersama,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dilansir KompasMegapolitan.

“Nanti akan dipilih lokasi terbaik,” lanjut dia. Direktur JakPro, Gunung Kartiko tidak menampik rencana tersebut. Dalam waktu dekat, pihak Formula E Operation (FEO) akan meninjau langsung lokasi-lokasi yang dijadikan calan trek balap itu.

“Nantinya gini, dari alternatif itu nanti FEO akan datang untuk survei, mapping semua. Baru akan ditentukan yang bagus, (misal) alternatif 1 atau 2,” ujanya. Pantai Kita, Maju, Bersama terletak di Pulau Reklamasi yang dibangun semasa kepemimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Pantai tersebut terletak di pulau yang sebelumnya dikenal sebagai Pulau Reklamasi C, D, dan G.

Nama ketiga pulau reklamasi tersebut berubah, sesuai Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 1.744 Tahun 2018 tentang Penamaan Kawasan Pantai Kita, Kawasan Pantai Maju dan Kawasan Pantai Bersama Kota Administrasi Jakarta Utara.