Uncategorized

PON XX Resmi Dibuka, Lukas Enembe: Papua Bangga Anak Bangsa Bersatu di Sini

Dewalive – Gubernur Papua, Lukas Enembe merasa bangga dan terharu bisa menyatukan seluruh anak bangsa mulai dari Aceh sampai Papua melalui Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Kebanggaan itu disampaikan Lukas Enembe pada pembukaan PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe yang dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi).
“Sebuah kebanggaan bagi kami yang ada di Provinsi Papua, melihat seluruh anak bangsa berkumpul dan bersatu di tempat ini,” ujarnya saat memberikan sambutan pada acara pembukaan PON XX, Sabtu (2/10/2021).

Lukas, juga mengucapkan selamat datang kepada seluruh kontingen dan pihak-pihak pendukung lainnya. Papua terbuka menyambut para anak atlet.

“Tangan kami terbuka lebar untuk menyambut sahabat-sahabat semua dan hati kami juga diselimuti penuh oleh kasih untuk menemani setiap detik sahabat semua di tanah Papua,” katanya
Dia mengakui bahwa tidak mungkin semuanya bisa sempurna. Akan tetapi, Lukas, mengatakan Papua akan berusaha sebaik mungkin sebagai tuan rumah PON XX.

“Mungkin, kesempurnaan tidak dapat kami berikan sepenuhnya, untuk itu saya selaku Ketua Umum PB PON XX Papua meminta maaf apabila ada kekurangan dan ketidaknyamanan selama penyelenggaraan PON,” ujarnya.
Mantan Bupati Puncak Jaya itu juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah merestui PON XX dilaksanakan di Papua.

“Saya berterima kasih kepada Presiden RI, Joko Widodo yang merindukan pelaksanaan PON di Papua. Tanpa dukungan Bapak tidak akan terlaksana,” katanya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada para atlet yang terpilih untuk mewakili provinsinya masing-masing. Para atlet, kata Lukas, adalah pahlawan dari daerahnya.

“Kalian adalah deretan pahlawan bagi masing-masing daerah yang diwakilkan,” katanya.
Lukas mengatakan, PON yang digelar saat ini melalui banyak sekali evaluasi dan monitoring hingga akhirnya dapat diputuskan untuk tetap melaksanakan saat pandemi Corona. Lukas mengatakan pandemi Corona membuat masyarakat makin bersatu.
“Saya percaya bahwa pesta olahraga terbesar ini menjadi perekat konsep kesatuan yang dimiliki oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Dia menyampaikan bahwa Papua adalah bagian dari NKRI yang tidak akan terpisahkan. Hal itu ditunjukkan pada PON ini.
“Dari tanah Papua, saya akan tunjukkan kepada seluruh sahabat-sahabat yang ada di penjuru Nusantara, bahwa kami masyarakat Papua akan senantiasa bagian yang tidak terpisahkan dari Republik Indonesia, sebab merah putih akan selalu terjahit rapih dalam dada dan jiwa kami,” ujarnya.
Dengan penuh harapan Lukas Enembe mengajak semua untuk menjadikan PON XX sebagai simbol persatuan.

“Saya mengajak sahabat-sahabat semua menjadikan PON XX Papua 2021 sebagai simbol kemenangan kita bersama. Selamat datang, selamat bertanding,” ujarnya.