Uncategorized

Daftar Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan

TELUR

Setiap makanan mengandung kalori yang di butuhkan tubuh. Makanan rendah kalori baik untuk menjaga berat badan.
Sayang, minimnya kalori yang dikonsumsi kerap membuat perut terus terasa lapar. Alih-alih menurunkan berat badan, rasa lapar yang tak juga hilang justru membuat Anda rajin ngemil.
Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa makanan yang dapat menimbulkan rasa kenyang lebih lama sekaligus membantu proses penurunan berat badan.

1. Oat
Tak hanya rendah kalori, oat juga kaya akan protein dan serat yang akan menimbulkan rasa kenyang. Setengah cup atau sekitar 40 gram oat kering hanya mengandung 148 kalori yang dilengkapi dengan 5,5 gram protein dan 3,8 gram serat. Sebuah studi yang dilakukan terhadap 48 orang dewasa menemukan, konsumsi oatmeal dapat menimbulkan rasa kenyang dan menekan rasa lapar.

2. Greek Yogurt
Greek yogurt adalah sumber protein terbaik yang bisa menekan rasa lapar dan membantu proses penurunan berat badan. Sebanyak 150 gram yogurt mengandung 130 kalori dan 11 gram protein. Sebuah studi yang dilakukan terhadap 20 perempuan menunjukkan, camilan yogurt yang tinggi protein dapat menekan nafsu makan dibandingkan camilan tinggi lemak seperti cokelat atau kerupuk.

3. Sup
Sejumlah penelitian menemukan bahwa sup dapat menimbulkan rasa kenyang dibandingkan makanan-makanan padat. Konsumsi sup dengan kuah encer disebut dapat memperlambat pengosongan lambung dan lebih efektif untuk menekan rasa lapar. Namun, hal ini tak berlaku bagi cream soup. Meski mengenyangkan, namun cream soup mengandung banyak kalori.

4. Telur
Telur adalah salah satu makanan rendah kalori yang penting untuk tubuh. Selain rendah kalori, telur juga mengandung banyak nutrisi penting lainnya. Studi menunjukkan, memulai hari dengan sebutir telur dapat menekan rasa lapar dan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama. Satu butir telur mengandung 72 kalori dan sejumlah nutrisi lainnya yang dibutuhkan tubuh. Department of Agriculture Nutrient Data Laboratory mencatat, putih telur mengandung protein yang sedikit lebih banyak daripada kuning telur. Satu putih telur mengandung 3,6 gram protein dan 2,7 gram pada kuning telur.