Uncategorized

7 Potret Toilet Umum di Berbagai Negara Ini Unik, Ada Tombol Darurat

DewaLive – Setiap kamar mandi atau toilet umum yang ada di luar negeri bisa berbeda dari negara-negara lain khususnya Indonesia. Beberapa hal mungkin membuat takjub atau bahkan kaget. Misalnya, di negara maju seperti Korea dan Jepang.

Berbagai fasilitas umum yang unik tersebut hanya dapat ditemukan di negara tersebut. Bagi penduduk lokal, akan mudah menggunakannya secara nyaman. Cara beberapa orang mencuci tangan bisa jadi tidak biasa seperti perangkat aneh dengan sabun alih-alih dispenser.

Bukan sekedar bangunan biasa, toilet umum tersebut didesain menarik dari segi eksterior maupun interiornya. Hal ini tentu menghapus pikiran bahwa toilet itu menyeramkan dan juga kotor.

Dilansir Liputan6.com dari Bright Side, berikut 7 toilet umum di berbagai negara yang punya cara khusus yang bikin kagum negara lain, Rabu (9/6/2021).

  1. Sabun khusus di toilet umum Korea.

Kita sudah terbiasa melihat tempat sabun di toilet umum, tetapi orang yang pernah bepergian ke Korea melihat satu hal yang unik di sana. Di Korea, sabun batangan di kamar mandinya melekat pada tiang dan perlu menggosoknya untuk dapat membersihkan tangan Anda.

  1. Toilet umum di Jepang memiliki tombol darurat.

Beberapa toilet umum di Jepang memiliki fitur tombol darurat. Tombol ini berguna untuk mengirimkan alarm ke keamanan untuk memeriksa. Ini adalah perangkat yang sangat bagus untuk populasi lanjut usia yang membutuhkan bantuan.

  1. Ada sistem yang disebut Putri Suara di Jepang.

Beberapa wanita Jepang dapat merasa malu karena mereka dapat didengar oleh orang lain saat berada di toilet. Untuk mengurangi tekanan ini dan menutupi suara, para insinyur menciptakan perangkat yang menghasilkan suara pembilasan air tanpa perlu pembilasan yang sebenarnya, sehingga tidak ada limbah air.

  1. China yang masih memiliki toilet jongkok.

Banyak daerah di China memiliki toilet jongkok tradisional, terutama toilet umum. Meskipun demikian, tersedia pula pilihan toilet duduk. Beberapa orang mengalami kesulitan dengan keseimbangan dalam posisi jongkok yang sangat sulit saat naik kereta China.

  1. Toilet di Kamboja memiliki semprotan selang.

Berbeda dengan toilet pada umumnya, di Kamboja tak ada tombol penyiram toilet melainkan semprotan selang di yang digunakan untuk mencuci diri dan menyiram toilet.

  1. Menemukan toilet semua jenis kelamin di AS, Kanada, Jepang, dan Thailand.

Toilet umum ini dibuat untuk berbagai kalangan dengan atau tanpa kebutuhan khusus, termasuk penyandang disabilitas, lansia, dan transgender. Ini juga sangat berguna bagi orang tua yang perlu membantu anak mereka menggunakan toilet.

  1. Orang-orang di Antartika menggunakan toilet portabel.

Traveler berbagi bahwa ada tenda khusus untuk toilet di Antartika. Toilet portabel khas Jepang ini cukup menarik, setelah menyelesaikan urusan, Anda perlu menekan tombol untuk menutup kantung. Dibutuhkan 2 menit untuk menyelesaikan proses penyegelan. Kemudian kantung kotoran tersebut dapat langsung dibuang ke tempat sampah.