kesahatan

Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Bahaya Menatap Layar

— Pandemi virus corona (Covid-19) membuat mata kini tertuju pada layar ponsel, laptop, dan televisi. Terlalu lama menatap layar dapat menimbulkan masalah atau gangguan pada mata. Berikut cara menjaga kesehatan mata dari bahaya menatap layar terlalu lama.

Estimasi terbaru menunjukkan sejak pandemi Covid-19 dan imbauan untuk tetap berada di rumah, orang dewasa menatap layar selama 13 jam per hari. Lama waktu menatap layar ini meningkat dari 10 jam per hari dibandingkan tahun lalu.

Menatap layar terlalu lama dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan penglihatan kabur, mata lelah, mata kering, iritasi, dan sakit kepala. Gejala yang muncul berkaitan dengan menatap layar ini kini dengan dengan digital vision syndrome atau sindrom penglihatan digital.

Berikut cara menjaga kesehatan mata dari bahaya menatap layar.

1. Istirahatkan mata dengan aturan 20-20-20
Konsep 20-20-20 merupakan aturan yang direkomendasikan secara internasional. Aturan 20-20-20 berarti setiap 20 menit waktu yang digunakan menatap layar, setiap orang mesti melihat objek yang berada di jarak jauh sekitar 20 kaki (atau sekitar 6 meter) selama 20 detik.

“Ketika Anda melihat target yang dekat, mata Anda hanya melatih satu otot sepanjang waktu, dan melihat ke kejauhan dapat meredakannya,” kata juru bicara American Academy of Ophthalmology, Raj Maturi.

2. Selalu mengedip
Saat menatap layar jangan lupa untuk selalu mengedip. Menatap layar yang terang dalam jarak dekat membuat mata akan fokus dan menjadi tegang.

Oleh karena itu, selalu ingat untuk mengedip agar dapat mencegah mata tegang dan kering.

3. Atur jarak layar
Atur posisi layar secara tepat agar tidak menimbulkan gangguan mata. Layar yang baik adalah sejajar dengan mata dengan jarak lebih dari 45 sentimeter.

Posisi layar yang berada di bawah dapat membuat mata lebih mudah kering. Sedangkan posisi layar yang berada di atas mata dapat memicu sakit leher.

4. Atur cahaya di sekitar
Selain mengatur jarak, atur pula cahaya di sekitar Anda saat sedang menatap layar. Atur cahaya di sekitar lebih redup ketimbang cahaya layar. Layar yang lebih terang dapat mencegah sakit mata.

5. Membersihkan layar
Rutin lah membersihkan layar gawai setiap saat untuk menghindari penumpukan debu. Penumpukan debu dapat mengaburkan layar dan bisa menyebabkan iritasi mata.

6. Gunakan mode malam
Menggunakan mode malam di layar ponsel dapat mencegah munculnya reaksi cahaya biru atau blue light yang dipancarkan layar yang terang. Menatap cahaya biru terlalu lama, terutama di malam hari disebut dapat menimbulkan gangguan tidur dan insomnia.